Rumah Aspirasi

Anda dapat mengirim masukan berupa saran, kritik atau keluhan lainnya. Aspirasi anda dapat disampaikan melalui menu Aspirasi, yang terdapat pada menu di bagian atas website ini. Atau anda dapat langsung [Klik Disini].


Pendapat Rakyat

Bagaimana pendapat anda tentang gagasan Amandemen ke 5 UUD 1945 untuk menguatkan fungsi dari DPD-RI
Setuju
Tidak Setuju
Tidak Tahu
Hasil Polling..!!

Buka Puasa Bersama Paguyuban Masyarakat Mandiri

Tanggal : 17-07-2013

Grobogan, poppydharsono.com Anggota komite II DPD RI asal Jawa Tengah menghadiri acara buka puasa bersama Forum Masyarakat Mandiri di Desa Penawangan, Kecamatan Penawangan kabupaten Grobogan (15/7). Acaranya dibuka oleh ketua Paguyuban Masyarakat Mandiri, Syaifudin. Selain buka puasa bersama didalamnya diadakan diskusi sebagai sebuah bagian dari serap aspirasi publik. 
Salah seorang peserta diskusi, Sudarjanto yang sekaligus ketua RT meminta arahan dari Poppy Dharsono mengenai peningkatan produksi pertanian dan peternakan. Dia memandang minimnya modal menjadi permasalahan bagi pengembangan usaha. Bantuan pemerintah sendiri yang selama ini diiklankan belum pernah dirasakan. Bisa jadi karena minimnya akses dan informasi untuk mendapatkan berbagai agenda dari pemerintah. 
"Kita minta arahan untuk meningkatkan produktifitas pertanian dan peternakan,"katanya. 
Siti Kasmiatun seorang ibu rumah tangga membangun keprihatinan terhadap kondisi ibu-ibu rumah tangga yang tidak memiliki pekerjaan. Sehingga setelah selesai aktivitas mengurus rumah akan lebih cendrung melakukan kegiatan tidak produktif seperti bergosip. 
"Agar dapat dibuka lapangan pekerjaan bagi ibu rumah tangga,"katanya. 
Menyikapi aspirasi yang dilontarkan oleh peserta diskusi, Poppy Dharsono mengatakan bahwa koperasi adalah soko guru dari ekonomi Indonesia. Dimana ketika ada lembaga ekonomi yang mampu menjadi patner dari usaha-usaha yang sudah ada. Kelebihan ketika ada koperasi yang sudah legal secara hukum adalah dapat mengakses bantuan dari pemerintah. Baik berupa dana ataupun berbagai pelatihan dalam rangka meningkatkan kapasitas usaha. 
"Apabila sudah ada usaha, langkah awalnya adalah membuat koperasi,"jelasnya.
Menyikapi keinginan dari ibu-ibu untuk bisa lebih produktif diluar kegiatan rumah tangga. Poppy menyarankan untuk melihat potensi ekonomi apa yang bisa diolah dalam suatu wilayah. Selanjutnya sangat memungkinkan untuk mendatangkan ahli-ahli yang dapat meningkatkan kemampuan berdasarkan keunggulan dari tempat tersebut. 
"Sangat mungkin didatangkan ahli-ahli yang dapat mengajarkan pengolahan berdasarkan keunggulan suatu wilayah,"terangnya. [dEw] 


Komentar

Nama
Email
Komentar